Laman

Sabtu, 13 Maret 2010

Silaturrohim akan menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang



Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Tidak diragukan lagi bahwa silaturrohim akan menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang antar personalnya. Sebagaimana pula dia dapat memadamkan api fitnah dan dendam yang timbul di tengah manusia akibat mengabaikan silaturrohim dan ta`awun(saling menolong) sesama mereka.

Termasuk diantara pengaruhnya pula adalah menumbuhkan rasa cinta kepada antar keluarga, lapangnya rizki, dan panjang umur.

Di dalam shahih Bukhori terdapat sebuah hadits yang menyebutkan bahwa Rosululloh shalallohu `alaihi wassalam ketika ditanya oleh seorang laki-laki tentang amalannya yang memasukkan dia ke sorga. Setelah beliau menyuruhnya untuk beribadah kepada Allah dan mentauhidkan ibadah itu untuk Nya, menegakkan sholat dan menunaikan zakat, beliau lalu bersabda:

” Wa Ashilaturrohim” ( “Dan sambunglah tali silaturrohim”) (Bukhori, hadits no 5637)

“Barang siapa yang ingin Allah banyakkan rezekinya atau Allah panjangkan umurnya, maka hendaklah ia m enyambung tali kekerabatannya (Bukhari,hadits no 5639; Muslim , hadits no 1961).

Jadi, siapa saja yang ingin dilapangkan rezekinya dan ditambah umurnya , hendaklah ia berlaku baik terhadap karib kerabatnya kerena menyambung tali silaturrohim merupakan sebab dilapangkan rezeki.

Kebalikan dari itu semua, adalah memutus tali silaturrohim. Banyak ayat Al Quran yang berbicara tentang hal tersebut.

“Maka apabila jika kamu berkuasa , kamu akan membuata kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan? Mereka itulah orang0orang yang Allah laknat. Allah akan menulikan pendengaran dan membutakan penglihatan mereka . (QS Muhammad: 22-23).

Ibnu Katsir berkata : Ayat ini mengandung larangan berbuat kerusakan bumi secara umum dan larangan memutus silaturrohim secara khusus.

Ayat Al Quran lain yang berbicara tentang hal ini adalah QS. Ar-Ro`du:25 dan QS Annisa: 1)

Pada suatu hari Rosululloh Shalallohu `alaihi wassalam pernah dud uk-duduk bersama sahabat nya. Beliau memerintahkan orang yang memutus tali silaturrohim untuk keluar dari majlis tersebut agar rahmat dapat turun kpd mereka.Hal ini menunjukkan akan dampak negatif bila memutus tali silaturrohi dan dosanya yang mengerikan.

Dari Anas Rodliallohu Anhu berkata, bersabda Rosululloh Shalallohu `alaihi wasallam (artinya): Dua pintu yang Allah segerakan azabnya di dunia, zina dan durhaka (HR. Hakim no 7350)

Hadits yang diriwayatkan oleh Thabroni dari Nabi Shalallohu `alaihi wasallam:

“Tiga perkara yang Allah tidak akan menerima dari (amal perbuatan) mereka pada hari kiamat baik atas jerih payahnya maupun atas hasil usahanya:pendurhaka, manaan (pengungkit-ungkit kebaikan yang pernah dilakukannya) dan pendusta qodar.

Mari kita senantiasa saling besilaturrohim walaupun hanya melalui media maya ini.

Wallahu A`lam bis showab

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar